Uncategorized

All posts in the Uncategorized category

Diet

Published 11 Mei 2019 by joicehandoko

DIET‼️

Kalau denger kata DIET yang pertama kali muncul dipikiran kita apa hayoooo??

Diet itu…ga makan nasi

Diet itu…makan sayur doang

Diet puasa ah besok

Diet mulai besok

Diet selalu gagal #eh 🙈

Btw itu masa lalu, sekarang dan kedepannya hilangkan kata DIET, ganti dengan Sedang Menjaga Pola Makan.

Prinsip dasar diet adalah DEFISIT KALORI semua jenis diet untuk turun berat badan prinsipnya sama.

Diet adalah : Mengatur pola makan untuk tujuan turun berat badan dan tujuan tertentu untuk suatu kualitas kesehatan lebih ke pola hidup sehat.

Defisit adalah : Berkurang atau Mengurangi.

Kalori adalah : Satuan zat yg terkandung di semua makanan dan minuman. Contoh : beli minyak satuan nya liter, nah satuan energi dr makanan adalah kalori.

Kita harus paham dulu bagaimana cara DIET yang benar. Kebanyakan diet yg dilakukan tanpa ILMU berakhir dengan lelah yang haqiqi karena kurang nya ilmu dan ga punya alasan “WHY” terbesar untuk diet.

Apakah teman-teman pernah diet dan gagal? Putus asa lalu menyerah? Atau malah balas dendam?? Pengalaman saya dulu…udh diet ketat tapi timbangan ga turun, akhirnya balas dendam makan malah jadi lebih banyak dan akibatnya berat badan jadi makin bertambah 😂 ini masa lalu saya.

Ini adalah KATA KUNCI dalam berdiet‼️

DEFISIT KALORI

Setiap tubuh memiliki kebutuhan kalori berbeda-beda, disesuaikan dengan tinggi dan berat badan masing2 saat ini.

Rata2, Kebutuhan kalori seorang wanita untuk turun berat badan sekitar 1100-1300. Jika berat badan diatas 70 kg maksimal 1400, ini sudah hitungan kalori defisit.

Semua makanan, semua cemilan, semua minuman mempunyai kalori.

Sementara apa yg kita makan biasanya melebihi 2000 kalori mulai dari sarapan nasi uduk dan lauk, cemilan, cepuluh, makan siang, ngemil sore, makan malam, minuman manis.

Contoh :

✅ 1 Permen : 60 kalori

✅ 1 lembar kerupuk : 40-80 kalori

✅ 1 Mangkok bakso : 600kalori

✅ 1 Mangkok bubur ayam : 400-500kalori

✅ 1 Porsi Ayam goreng crispy & 1 Cup Nasi : 600kalori

✅ 1 empek2 : 300 kalori

✅ 1 Slice pizza : 280 kalori

✅ 1 Gelas minuman manis : 200-300kalori

Dan itu semua tanpa sadar bisa kita habiskan dalam sehari betuuull?? Coba perhatikan, berapa kalori makanan2 ini, dan jangan kaget yg kita kira hhmm ga bikin gendut cuma sedikit tapi ternyata 😆 Berapa coba kalau ditotalin??

Saatnya move on dari kegagalan masa lalu yes sekarang!!

Kurangi kalori, bukan makanan! Semua makanan & minuman punya kalori, kecuali AIR PUTIH 😁

Selama menjalankan diet, kita juga harus SABAR.

Perjalanan perubahan pola makan, pola pikir, pola tubuh tidaklah sebentar dan membutuhkan proses yang panjaaaaanng guys 😃

Sama halnya, kita naik berat badan juga ada masanya, ada jangka waktunya, tidak dalam 1 hari 2 hari tapi mungkin berbulan2 atau bertahun2, sampai tiba-tiba eeh baju kok jadi ga muat siih 😂

Untuk merubah semua nya, sabar2 lah dahulu. Ada saat nya kita bisa memberi REWARD ke diri kita sendiri untuk CheatMeal (bukan cheat day).

Contoh reward nya :

✅ Dalam 30 hari ini aku harus turun 5kg, jika berhasil turun 5kg baru aku akan makan 1-2x makanan yg ku rindukan. (Misal : Bakso, pizza, empek2 dan lain nya)

Semangatttt!!! 😁💪🏽

Iklan

start again!

Published 10 Maret 2019 by joicehandoko

Haaalllooo, setelah sekian lama berhenti nulis, tiba-tiba sekarang jadi punya semangat lagi nih buat berbagi. Ada beberapa hal yang akan saya sharing, antara lain tentang perubahan pola makan, gaya belanja dan pendidikan anak.

Mau start yang mana dulu ya??

Baiklah…semoga sharing/tulisan saya bisa menjadi catatan buat diri saya sendiri & bermanfaat buat temen2 yang membaca blog saya.

Selamat berhari Minggu, bersama orang-orang tercinta. Gbu all.

Jakarta, 10 Maret 2019